Manfaat Minyak Esensial, Salah Satunya Atasi Infeksi Telinga!

Manfaat Minyak Esensial, Salah Satunya Atasi Infeksi Telinga!

Berita Utama | yesdok.com | Minggu, 3 Juli 2022 - 03:30
share

Minyak esensial menjadi salah satu pengobatan alami yang digandrungi banyak orang saat ini. Manfaat minyak esensial disebut-sebut dapat mengobati banyak penyakit, termasuk infeksi telinga.

Infeksi telinga atau yang biasa disebut otitis terjadi paling sering pada anak-anak, namun orang dewasa pun bisa mengalami penyakit ini. Minyak esensial disebut bisa membantu mengatasi masalah ini. Minyak esensial merupakan cairan pekat yang mengandung ekstrak tanaman.

Minyak esensial biasanya digunakan untuk dihirup, atau dioleskan pada bagian tubuh. Para peneliti menemukan bahwa beberapa manfaat minyak esensial yakni memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, ini membuktikan kalau manfaat minyak esensial bisa membantu mengatasi infeksi.

Beberapa orang melaporkan manfaat minyak esensial dalam membantu mengurangi gejala infeksi telinga. Beberapa gejala infeksi telinga yang bisa diatasi adalah rasa sakit, bengkak, dan juga terdapat kotoran di telinga.

Beberapa minyak esensial juga memiliki sifat antibakteri atau antivirus yang memungkinkannya membunuh bakteri dan melawan infeksi telinga. Selain itu, manfaat minyak esensial lainnya adalah mencegah virus berkembang biak.

Salah satu minyak esensial yang terbukti dapat melawan infeksi telinga adalah tea tree oil. Tea tree oil mengandung zat antibakteri yang disebut terpinen-4-ol. Sebuah penelitian di tahun 2006 menyimpulkan bahwa tea tree oil mengandung sifat antimikroba dan antiinflamasi.

Bukti tambahan manfaat minyak esensial tea tree oil untuk efek antibakteri berasal dari penelitian di tahun 2014, yang menyimpulkan bahwa minyak esensial ini mungkin efektif untuk mengobati jerawat karena membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Namun, butuh penelitian lebih lanjut untuk memvalidasi temuan ini. Dokter juga membutuhkan lebih banyak bukti tentang efektivitas tea tree oil sebelum mereka bisa merekomendasikannya sebagai pilihan utama dalam pengobatan untuk infeksi telinga.

(Foto: verywellhealth.com)

Topik Menarik