Beli Pertalite Subsidi, Ini Cara Daftar Aplikasi MyPertamina

Beli Pertalite Subsidi, Ini Cara Daftar Aplikasi MyPertamina

Berita Utama | kabaroto.com | Jum'at, 1 Juli 2022 - 18:48
share

KabarOto.com - PT Pertamina (Persero) memberlakukan peraturan untuk pengguna BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar. Pengguna pertalite dan solar bisa mendaftarkan diri lewat website MyPertamina dan mulai berlaku Jum\'at (1/7).

Corporate Secretary Pertamina, Patra Niaga Irto Ginting mengatakan pembelian BBM jenis Pertalite maupun Solar tetap dilakukan seperti biasa selama masa pendaftaran.

"Pengisian BBM baik Solar maupun Pertalite masih bisa dilakukan seperti biasa. Jadi belum perlu QR untuk pembelian. Selama proses pendaftaran, semua proses pembelian masih seperti biasa," jelas Irto.

Pendaftaran melalu website resmi Pertamina. Tim Kabaroto masih belum berhasil melakukan pendaftaran

Sebagai permulaan, peraturan ini berlaku untuk pemilik kendaraan roda empat dan beberapa lokasi yakni di Kota Bukit Tinggi, Padang Panjang, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjarmasin, Kota Yogyakarta, dan Manado.

Pendaftaran tidak hanya bisa dilakukan melalui aplikasi MyPertamina, tetapi juga lewat website https://subsiditepat.mypertamina.id/. Berikut tahapannya:

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya

2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id

3. Centang informasi memahami persyaratan

4. Klik daftar sekarang

5. Ikuti instruksi dalam website tersebut

6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala

7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

Pengisian BBM untuk mobil

Sementara itu, proses transaksi tidak diwajibkan melalui aplikasi MyPertamina. Tetapi pembelian Pertalite dan Solar tetap bisa dilakukan secara tunai dengan cara mencetak QR Code tersebut dan membawanya saat ke SPBU untuk kemudian dicocokkan datanya.

"Saya tegaskan pembayaran nanti masih terbuka untuk tunai dan non tunai. Tidak ada kewajiban download aplikasi MyPertamina dan pembayaran juga tidak wajib menggunakan aplikasi," pungkas Irto.

Topik Menarik