Gigi Emas Milik Pahlawan Kemerdekaan yang Dikubur Selama 60 Tahun Dibongkar, Orang-orang Beri Penghormatan

Gigi Emas Milik Pahlawan Kemerdekaan yang Dikubur Selama 60 Tahun Dibongkar, Orang-orang Beri Penghormatan

Berita Utama | BuddyKu | Jum'at, 1 Juli 2022 - 10:25
share

KONGO - Gigi bermahkotakan emas milik pahlawan kemerdekaan Republik Demokratik (DR) Kongo, Patrice Lumumba, telah terkubur lebih dari 60 tahun setelah dia dibunuh.

Ini adalah satu-satunya bagian tubuhnya yang masih ada setelah jenazahnya dilarutkan dalam asam. Gigi ini pun diambil untuk dikembalikan ke keluarga pada minggu lalu dan telah melakukan tur ke beberapa bagian negara DR Kongo dalam peti mati.

Polisi Belgia yang mengawasi pembongkaran makam mengambil gigi itu dan dipamerkan sebagai piala.

Orang-orang dapat memberikan penghormatan menjelang pemakaman yang berlangsung di ibu kota, Kinshasa, di sebuah jalan yang dinamai untuk menghormatinya.

Presiden Flix Tshisekedi, keluarga Lumumba dan pejabat tinggi lainnya berada di layanan pribadi, yang berlangsung sebelum peti mati dipindahkan ke makam dibangun khusus.

"Semoga tanah leluhur kami manis dan lembut untukmu," terang Presiden.

Lumumba adalah perdana menteri pertama negara itu dan salah satu pemimpin perjuangan kemerdekaan. Dia juga dipandang sebagai salah satu suara paling menonjol dalam gerakan anti-kolonial Afrika.

Pada Kamis (30/6/2022), menandai 62 tahun sejak bekas kekuatan kolonial Belgia melepaskan kendali atas negara yang luas itu.

Topik Menarik