Fenomena Menjomblo Anak Muda Jepang, Menghindari Pernikahan, dan Lebih Memilih Manga

Fenomena Menjomblo Anak Muda Jepang, Menghindari Pernikahan, dan Lebih Memilih Manga

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 29 Juni 2022 - 03:35
share

JAKARTA - Sho, menjalani hidupnya dengan tenang di usia 37 tahun. Memiliki pekerjaan dengan penghasilan yang baik dan dikelilingi oleh teman-teman yang selalu ditemuinya secara rutin.

Dia juga memiliki cukup waktu untuk melakoni berbagai hobinya. Dia merasa cukup puas menjalani hidupnya, meskipun di usianya yang sekarang belum memiliki pendamping hidup atau istri.

Dilansir dari DW, Sho adalah salah satu dari sekian banyak orang Jepang berusia 30-an yang belum pernah menikah dan tidak memiliki niat untuk menikah.

Fenomena ini pun menjadi perhatian khusus pemerintah Jepang. Pasalnya, jumlah populasi Jepang terus menyusut setiap tahunnya. Bahkan, generasi yang hidup saat ini semakin menua.

Menurut laporan pemerintah dari tahun 2022, sekitar 25,4% wanita berusia 30-an dan 26,5% pria dalam kelompok usia yang sama mengatakan mereka tidak ingin menikah. Di kelompok usia 20-an, 19% pria dan 14% perempuan juga mengatakan tidak memiliki rencana untuk menikah.

Menurut laporan itu, pada 2021 di Jepang terdaftar 514.000 pernikahan, angka tahunan terendah sejak akhir Perang Dunia II. Tahun 1970 masih tercatat ada 1,029 juta pernikahan.

Para perempuan yang mengikuti survei mengatakan bahwa mereka menghindar dari pernikahan karena mereka ingin menikmati kebebasan mereka, meniti karier, dan tidak ingin menjalani peran ibu rumah tangga tradisional.

Topik Menarik