Rogoh Rp652,55 Miliar, Warren Buffet Tambah Kepemilikan Saham di Perusahaan Minyak

Rogoh Rp652,55 Miliar, Warren Buffet Tambah Kepemilikan Saham di Perusahaan Minyak

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 28 Juni 2022 - 16:45
share

IDXChannel - Warren Buffett tampaknya tak akan berhenti untuk menanamkan investasinya di beberapa perusahaan. Terbaru, melalui usaha investasinya bernama Berkshire Hathaway Inc lelaki yang dijuluki Oracle of Omaha ini menambah porsi kepemilikannya terhadap perusahaan minyak Occidental Petroleum Corp sebanyak 794.389 saham.

Dengan pembelian terbaru tersebut, maka Buffet telah menguasai 16,4 persen kepemilikan atas perusahaan minyak yang berlokasi di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS) tersebut.

Pembelian ini dilakukan melalui beberapa tahap dan terbaru menelan dana sekitar USD44 juta atau setara dengan Rp652,55 miliar. Pembelian saham ini hanya berselang hampir sepekan usai pembelian 9,6 juta saham Occidental oleh Berkshire.

Dengan demikian, Berkshire menjadi pemegang saham individu terbesar di Occidental, setelah memiliki 153,5 juta saham senilai USD9,04 miliar, berdasarkan penutupan bursa Wall Street pada Senin (27/6/2022) kemarin.

Harga saham Occidental saat ini naik hampir 90% tahun ini, karena perusahaan diuntungkan dari pembelian Berkshire dan lonjakan harga minyak menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Namun, sepertinya aksi pembelian tidak akan berhenti sampai di sana, sebab Berkshire juga memiliki opsi untuk membeli 83,9 juta saham Occidental lagi, yang jika dieksekusi, akan menambah kepemilikannya menjadi lebih dari 25%.

Pembelian tersebut membuat Berkshire telah menghabiskan banyak uang sepanjang 2022 ini. Di mana perseroan sudah mengeluarkan USD51,1 miliar untuk pembelian ekuitas pada kuartal pertama, termasuk peningkatan YSD25,9 miliar saham di perusahaan minyak Chevron Corp.

Berkshire juga tahun ini mengumumkan investasi besar dalam pembuat video game Activision Blizzard Inc dan pembuat komputer dan printer HP Inc, dan rencana pengambilalihan perusahaan asuransi Alleghany Corp senilai USD11,6 miliar. (TYO)

Topik Menarik