Bos Monster Energy Yamaha Tak Terima Fabio Quartararo Kena Penalti

Bos Monster Energy Yamaha Tak Terima Fabio Quartararo Kena Penalti

Berita Utama | skor.id | Senin, 27 Juni 2022 - 19:25
share

SKOR.id - Hasil buruk diraih Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dalam gelaran MotoGP Belanda 2022.

Sang juara dunia bertahan gagal menyelesaikan balapan setelah dua kali mengalami crash di lintasan Sirkuit Assen.

Insiden pertama terjadi saat memasuki lap keempat di tikungan kelima. Fabio Quartararo mengalami lowside crash ketika berusaha menyalip Aleix Espargaro (Aprilia) dari sisi dalam.

Akibatnya, El Diablo terjatuh dan ikut menyeret Espargaro ke luar lintasan di area gravel. Meski demikian, kedua pembalap masih bisa melanjutkan balapan.

Saat Espargaro perlahan mampu bangkit dari posisi ke-15, dan finis keempat, Quartararo justru ketetran di posisi buncit.

Bahkan, Quartararo yang sempat masuk pit lane harus terima nasib di- overlap, bahkan mengalami highside crash yang membuat balapannya otomatis berakhir.

Berkat insiden yang melibatkan Espargaro, rider Prancis itu dijatuhi hukuman long lap penalty pada seri selanjutnya yang akan digelar di Inggris pada awal Agustus.

Steward yang bertugas di Assen menilai kecelakaan itu karena kesalahan Quartararo yang terlalu ambisius sehingga menyebabkan Espargaro melebar.

"Panel Stewards FIM MotoGP menilai Quartararo terlalu ambisius dalam mencoba menyalip Espargaro," bunyi pernyataan FIM dalam rilis resmi MotoGP.

"Motor nomor #20 tidak dalam posisi untuk melakukan gerakan dengan sukses dan kemudian jatuh, menyebabkan kontak dengan #41 sehingga memaksanya melebar."

"Tindakan menghindar yang dilakukan oleh Espargaro memungkinkannya untuk menghindari tabrakan dan bergabung kembali. Namun demikian, tetap berpengaruh."

"Quartararo mendapat hukuman long lap penalty yang akan ia jalani di balapan MotoGP di Monster Energy British Grand Prix," lanjut pernyataan tersebut.

Tak terima dengan sanksi yang diberikan, Massimo Meregalli selaku Direktur tim Monster Energy Yamaha merasa keputusan tersebut 'tidak hanya keras tetapi juga tidak konsisten'.

Penilaian Meregalli merujuk pada kasus Takaaki Nakagami yang tidak diberikan hukuman penalti kendati telah menjadi penyebab kecelakaan yang melibatkan Alex Rins dan Francesco Bagnaia di MotoGP Catalunya 2022.

Dampak yang disebabkan Nakagami, bahkan jauh lebih parah karena Rins sampai harus mengalami patah tulang di bagian pergelangan tangan kiri karena insiden di Barcelona.

"Kami melihat kecelakaan pertama Fabio sebagai insiden balapan dan kami merasa keputusan Race Direction memberi sanksi untuk balapan berikutnya tidak hanya keras, mengingat dia tidak menjatuhkan siapa pun dan Aleix masih mencetak poin, tetapi juga tidak konsisten dengan insiden balapan yang telah kita lihat di GP sebelumnya yang dibiarkan begitu saja," ujar Meregalli.

"Kami akan menggunakan jeda ini untuk mencerna GP ini dan kembali siap bertarung di Silverstone dalam waktu satu bulan."

Meski tak berpengaruh dengan posisinya di puncak klasemen, insiden di Assen memangkas jarak poin Fabio Quartararo dengan Aleix Espargaro yang berada di peringkat kedua hanya tinggal 19 poin.

Hasil MotoGP Belanda 2022: Francesco Bagnaia Menang Sempurna, Fabio Quartararo Crash 2 Kali

Topik Menarik