Loading...
Loading…
DKI Akui Ada Peningkatan 500 Persen Pesepeda di Jalur Sepeda

DKI Akui Ada Peningkatan 500 Persen Pesepeda di Jalur Sepeda

Berita Terkini | sindonews | Rabu, 05 Februari 2020 - 13:49

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku pengendara sepeda meningkat di Ibu Kota. Peningkatan terjadi hingga 500 persen pasca adanya jalur sepeda yang disediakan sepanjang 63 kilometer.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Institut Transportasi Development Program (ITDP), peningkatan di jalur sepeda terjadi hingga 500 persen.

Misalnya saja di jalur sepeda Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, yang tadinya hanya empat sepeda per jam di jalur sepeda, kini meningkat lima kali lipat. Begitu juga di jalur sepeda Sudirman-Thamrin, yang kini hampir dipenuhi setiap pagi oleh pesepeda.

"Hasil evaluasi kita dari jalur sepeda yang disiapkan sepanjang 63 Kilometer tahun lalu, masyarakat mulai terbiasa menggunakan sepeda dalam bermobilitas," kata Syafrin saat dihubungi, Rabu (5/2/2020).

Selain adanya peningkatan pengguna di jalur sepeda, lanjut Syafrin, ada juga peningkatan komunitas peseda di Jakarta. Khususnya, komunikasi masyarakat pekerja penggguna sepeda atau bike to work. Termasuk komunitas yang menggalakan hobi sepeda.

"Kebiasaan warga Jakarta yang dahulu kemana-mana bawa sepeda itu muncul setelah adanya jalur sepeda," pungkasnya.

Original Source

Topik Menarik