Loading...
Loading…
Israel Tutup Masjid Ibrahimi untuk Hari Libur Yahudi, Palestina Geram

Israel Tutup Masjid Ibrahimi untuk Hari Libur Yahudi, Palestina Geram

Berita Terkini | inewsid | Jumat, 30 Agustus 2019 - 01:32

HEBRON, iNews.id - Otoritas Israel menutup Masjid Ibrahimi di Kota Hebron, Tepi Barat, yang diduduki. Masjid itu ditutup bagi para jemaah Muslim selama 24 jam untuk libur umat Yahudi.

"Pihak berwenang mengatakan pada kami bahwa masjid akan ditutup dari Kamis pagi hingga Jumat pagi," kata Direktur Hubungan Masyarakat untuk Hebron Raed Maswadeh, seperti dilaporkan Anadolu , Jumat (30/8/2019).

"Lokasi ini ditutup bagi umat Islam tapi tetap dibuka untuk pemukim Yahudi yang ingin melakukan ritual Talmud di bawah perlindungan polisi," ujar dia.

Menurut Maswadeh, para pemukim Yahudi berbondong-bondong mendirikan tenda di halaman luar masjid itu.

Otoritas Palestina (PA) pun mengutuk keputusan Israel menutup Masjid Ibrahimi demi liburan Yahudi.

Wakil Menteri PA untuk Wakfs dan Urusan Islam, Husam Abu Al Rub, mengatakan kebijakan Israel terkait Masjid Ibrahimi provokatif, serta memiliki ambisi dan niat jahat.

Abu Al-Rub menuduh Israel berusaha mengendalikan masjid dan membaginya secara temporer dan spasial.

Pejabat itu meminta warga Palestina di Kota Hebron untuk pergi ke masjid, berdoa, dan melindunginya dari rencana Israel untuk merebut masjid itu.

Baca Juga :
Israel Tutup Masjid di Tepi Barat

Menurut kantor berita resmi Palestina WAFA, pihak berwenang Israel menutup Masjid Ibrahimi pada Kamis pagi bagi jamaah Muslim selama satu hari dengan dalih liburan Yahudi.

Setelah 29 jemaah Palestina dibantai di dalam masjid pada 1994 oleh pemukim ekstremis Yahudi Baruch Goldstein, otoritas Israel membagi kompleks masjid khusus untuk umat Muslim dan khusus Yahudi.

Masjid Ibrahimi berusia 1.000 tahun dan dianggap oleh umat Islam sebagai lokasi paling suci keempat.

Orang Israel percaya situs itu adalah situs agama bersama, namun sejak lama memberlakukan pembatasan akses ke warga Palestina yang ingin ke masjid; dengan mengerahkan tentara, gerbang, juga sistem pos pemeriksaan di sekitar lokasi.

Hebron sendiri merupakan rumah bagi sekitar 160.000 Muslim Palestina dan sekitar 500 pemukim Yahudi.

Original Source

Topik Menarik