Loading...
Loading…
Bolsonaro: Media Bohong soal Kebakaran Hutan Amazon, Negara Lain Bersikap Kolonialis

Bolsonaro: Media Bohong soal Kebakaran Hutan Amazon, Negara Lain Bersikap Kolonialis

Berita Terkini | inewsid | Rabu, 25 September 2019 - 03:38

RIO DE JANEIRO, iNews.id - Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan bahwa kabar Amazon luluh lantak akibat kebakaran adalah kebohongan. Dia juga menuduh negara-negara yang mengkritik kebijakannya memiliki sikap kolonialis.

Berbicara pertama kali di hadapan Majelis Umum PBB tahun ini, pemimpin sayap kanan itu juga memuji Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump karena menghormati kedaulatan negaranya.

Pidato itu muncul sepekan setelah laporan Human Rights Watch yang menuduh Bolsonaro memberikan "lampu hijau" kepada para penebang liar dan gagal melindungi hutan hujan terbesar di dunia itu.

"Amazon tidak dihancurkan atau dilahap oleh api. Media berbohong," kata Bolsonaro, dalam pidato berdurasi 32 menit, lebih dari dua kali lipat dari waktu yang diberikan untuk pidato Sidang PBB, seperti dilaporkan AFP , Rabu (25/9/2019).

"Adalah kekeliruan mengatakan Amazon adalah warisan umat manusia, dan kesalahpahaman yang dikonfirmasi oleh para ilmuwan untuk mengatakan bahwa hutan Amazon kita adalah paru-paru dunia," katanya.

Bolsonaro juga mengecam para penentangnya dengan menyebut bahwa sementara setiap negara memiliki masalah, berita sensasional di media internasional membangkitkan 'sentimen' Brasil.

"Menggunakan dan memakai kekeliruan ini, negara-negara tertentu, bukannya membantu, berperilaku tidak sopan dan dengan semangat kolonialis," katanya.

"Mereka bahkan mempertanyakan apa yang kita pegang sebagai nilai paling suci, kedaulatan kita."

Melontarkan sindiran terang-terangan ke Prancis, dia mengatakan: "Salah satu dari negara ini selama pertemuan G7 baru-baru ini berani menyarankan menerapkan sanksi kepada Brasil tanpa berkonsultasi atau bahkan mendengarkan Brasil."

Prancis dan Irlandia mengancam akan memblokir perjanjian perdagangan antara Uni Eropa dan negara-negara Amerika Selatan, termasuk Brasil, karena kebijakan lingkungan Bolsonaro.

Bolsonaro lalu mengucapkan terima kasih kepada Trump, "yang menyimpulkan semangat yang harus ada di antara negara-negara anggota PBB: menghormati kebebasan dan kedaulatan masing-masing negara anggota."

Presiden Prancis Emmanuel Macron membalas tuduhan Bolsonaro pada Selasa malam. Dia menegaskan bahwa planet ini punya kepentingan bersama soal Amazon, karena dampaknya terhadap iklim.

"Saya tidak akan pernah mendukung seorang pemimpin yang mempertanyakan fakta-fakta ilmiah," kata Macron kepada wartawan.

"Kita perlu menghormati orang-orang Brasil serta kebenaran untuk membuat kemajuan."

Original Source

Topik Menarik