Loading...
Loading…
Gelombang Pengungsi Kerusuhan Wamena Terus Berdatangan ke Jayapura dengan Hercules

Gelombang Pengungsi Kerusuhan Wamena Terus Berdatangan ke Jayapura dengan Hercules

Berita Terkini | inewsid | Jumat, 27 September 2019 - 06:17

JAYAPURA, iNews.id Gelombang pengungsi korban kerusuhan di Kota Wamena , Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua , masih terus berdatangan di Lanud Silas Papare, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura. Hingga hari ini, Jumat (27/9/2019), jumlahnya diperkirakan telah mencapai seribuan orang.

Setiap hari, Pesawat Hercules 1320 milik TNI Angkatan Udara (AU) mengangkut ratusan pengungsi dari Wamena ke Jayapura melalui Lanud Silas Papare Sentani. Sekitar 170 lebih warga pengungsi diangkut dalam setiap penerbangan menggunakan pesawat ini.

Pesawat Hercules yang mengangkut pengungsi tiba di Lanud Silas Papare, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (27/9/2019). (Foto: iNews/Edy Siswanto)


Selain itu, ada tambahan satu Hercules lagi dari Panglima TNI untuk mengangkut lebih banyak pengungsi dari Wamena. Warga yang diangkut diprioritaskan kaum perempuan dan anak-anak.

Prioritas kami adalah anak-anak dan perempuan. Kami akan terus mengevakuasi warga yang mengungsi dari Wamena, kata Danlanud Silas Papare Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso, Jumat (27/9/2019).

Jenazah 2 Warga Korban Penembakan di Puncak Papua Dipulangkan ke Kampung Halaman

Cerita Pengungsi Korban Kerusuhan di Wamena, 600-an Warga Sempat Disandera

Dari pantauan iNews , para pengungsi yang trauma dengan demonstrasi anarkistis di Wamena terlihat menangis setelah mendarat di Lanud. Keluarga yang menjemput para pengungsi di Lanud Silas Papare pun tampak menangis haru setelah melihat keluarganya selamat dan bisa berkumpul bersama di Jayapura.

Selain mengangkut para pengungsi sehat, pesawat Hercules juga mengangkut pasien korban kerusuhan di Wamena dan juga bantuan sosial dan tim medis ke Wamena. Berton-ton bantuan dari berbagai pihak dan instansi telah tiba di kota itu.

Lanud Silas Papare menyiapkan beberapa tempat untuk penampungan para pengungsi. Mes-mes Lanud yang ada di Sentani juga digunakan untuk penampungana. Selain itu, pihak Lanud juga menjamin ketersediaan bahan makanan selama di posko.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{