Loading...
Loading…
Mahasiswa Menolak Jamuan Makan, Acara Silaturahmi dengan Gubernur Jatim Jadi Berantakan

Mahasiswa Menolak Jamuan Makan, Acara Silaturahmi dengan Gubernur Jatim Jadi Berantakan

Berita Terkini | inewsid | Rabu, 09 Oktober 2019 - 03:45

SURABAYA, iNews.id - Acara silaturahmi Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa , bersama mahasiswa, berantakan gara-gara mahasiswa menolak jamuan makanan yang disediakan. Mereka pun lalu pulang sebelum acara dimulai.

Silaturahmi jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) di Gedung Negara Grahadi, Selasa (8/10/2019) malam. Kegiatan tersebut dihadiri Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Whisnoe Prasetja Boedi.

Pantauan iNews.id , mula-mula puluhan mahasiwa datang diarahkan petugas protokoler untuk menempati halaman belakang gedung. Tersedia meja, kursi, lengkap dengan aneka hidangan makanan. Beberapa dari mereka lalu menyantap konsumsi.

Tiba-tiba saja, seorang mahasiswa dari Universitas Airlangga (Unair), Zamzam Syahara berdiri dan mengambil microphone. Dia lantas berbicara kepada puluhan mahasiswa yang sedang makan tersebut.

"Rekan-rekan mahasiswa jangan makan, jangan minum, apapun itu! Kita di sini bukan mau makan makan, tapi mau audiensi," kata Zamzam. Mahasiswa di Gedung Grahadi menunggu kehadiran Gubernur Khofifah Indar Prawansa. (Foto: iNews.id).

Baca Juga :
Khofifah Pastikan 12 Mahasiswi Asal Jatim di Wuhan Aman dari Virus Korona

Mendengar seruan tersebut, mereka yang sedang makan langsung menaruh piringnya. Begitu juga mereka yang sedang mengambil makanan, spontan berhenti dan keluar dari barisan antrean.

Protokoler Pemprov Jatim pun bertindak sigap. Mereka mengajak mahasiswa keluar dari area makan menuju ruangan lainnya. Di tempat itu terlihat dosen Unair, Airlangga Pribadi dan Suko Widodo, mendatangi mereka.

"Kita ingin semua tuntutan diterima dulu. Bukan diberikan jamuan makan malam. Karena banyak teman-teman kita di luar yang sedang melakukan aksi," ujar seorang mahasiswa. Mahasiswa berunding dengan Kepala Kesbangpol terkait acara silaturahmi para mahasiswa dengan gubernur Jatim. (Foto: iNews.id).

Dia mengatakan, para mahasiswa sepakat tidak makan apapun sampai tuntunannya diterima. Karena niatnya ke sini untuk beraudiensi dengan gubernur serta jajarannya, bukan untuk makan dan minum.

"Hidup mahasiswa! Hidup mahasiwa! Hidup mahasiswa," kata Zamzam yang disambut dengan teriakan yang sama dari mahasiswa lainnya.

Kepala Bakesbangpol Jatim, Jonathan Judianto di hadapan mahasiswa mengatakan, audiensi ditiadakan. Menurut dia, pertemuan kali ini hanya sebatas silaturahim antara mahasiswa dengan gubernur.

Baca Juga :
12 Mahasiswa Unesa di Wuhan Terisolasi Imbas Penyebaran Virus Korona

"Kalau memang ingin mengajukan audiensi, kita sepakati akan dijadwalkan ulang," katanya.

Namun mahasiswa bersikukuh menyebut kehadirannya untuk audiensi sekaligus dialog dengan Gubernur Khofifah, bukan sebatas silaturahim. Karena itu, para mahasiswa ini membubarkan diri meninggalkan Gedung Grahadi.

Original Source

Topik Menarik

{