Loading...
Loading…
Xi Jinping: Upaya Memecah Belah China Akan Berujung pada Kehancuran

Xi Jinping: Upaya Memecah Belah China Akan Berujung pada Kehancuran

Berita Terkini | inewsid | Senin, 14 Oktober 2019 - 03:36

BEIJING, iNews.id - Presiden Xi Jinping memperingatkan segala upaya memecah China akan berakibat pada kehancuran. Ungkapan itu dia sampaikan empat bulan setelah kerusuhan anti-China di Hong Kong merebak.

Xi mengeluarkan pesan tak biasa itu saat kunjungan akhir pekan lalu ke Nepal. Pernyataannya dirilis kementerian luar negeri, Minggu (13/10/2019).

"Siapa pun yang mencoba memisahkan wilayah mana pun dari China akan binasa, tubuh mereka hancur dan tulang-tulang mereka menjadi serpihan," kata Xi, seperti dilaporkan AFP , Senin (14/10/2019).

"Setiap kekuatan eksternal yang mendukung pemisahan Tiongkok hanya dapat dianggap sebagai khayalan oleh orang-orang China," katanya, saat berkunjung ke Nepal.

Namun pemimpin China tidak secara spesifik menyebut nama wilayan tertentu.

Komentarnya itu muncul ketika polisi anti-huru hara dan demonstran pro-demokrasi bentrok lagi di Hong Kong pada Minggu (13/10/2019), juga di tengah ketegangan dengan Taiwan.

Demonstrasi meletus di beberapa pusat keuangan, dengan beberapa pengunjuk rasa memblokir jalan, menyabotase rel kereta api, dan menghancurkan pusat-pusat bisnis pro-Cina.

Protes itu awalnya dipicu penolakan atas RUU ekstradisi yang kini sudah dihapus. RUU itu memungkinkan para kriminal diekstradisi ke China daratan, namun sejak itu berubah menjadi gerakan yang lebih luas untuk menuntut demokrasi dan penyelidikan terhadap polisi.

Ada kekhawatiran bahwa China akan mengirim pasukan untuk mengakhiri kerusuhan di Hong Kong. Namun sejauh ini, China menyatakan pihaknya yakin polisi Hong Kong mampu menangani demonstrasi.

Original Source

Topik Menarik