Loading...
Loading…
Rupiah Tak Jadi Diredenominasi, Wapres JK: Tidak Urgen

Rupiah Tak Jadi Diredenominasi, Wapres JK: Tidak Urgen

Berita Terkini | inewsid | Kamis, 17 Oktober 2019 - 11:01

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah sempat berencana melalukan redenominasi atau penyederhanaan mata uang terhadap rupiah . Namun, rencana ini kandas di tengah jalan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan rencana ini sebenarnya hampir terlaksana pada masa kepemimpinan Darmin Nasution sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). Pada saat itu, BI berencana memangkas mata uang dari Rp1.000 menjadi Rp1.

Kendati demikian, rencana ini dinilai belum terlalu penting untuk dilakukan, sehingga diputuskan untuk ditahan terlebih dahulu pelaksanaannya.

Memang rencananya dulu mengubah rupiah pada zaman Pak Darmin masih Gubernur BI. Tapi dianggap karena itu tidak urgen dibanding masalah waktu itu. Jadi direm dulu, ujarnya, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Menurut beberapa ekonom, redenominasi ini merupakan salah satu strategi konkret untuk memperkuat pergerakan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Sebab, saat ini rupiah dinilai menjadi salah satu mata uang dengan kinerja terburuk di dunia.

JK membantah dengan keras pernyataan tersebut. Menurut dia, saat ini rupiah kondisinya masih jauh lebih baik dibanding beberapa negara lain.

Rupiah kita bukan yang terburuk di dunia. Itu ada Venezuela, Brasil, Turki, kemudian Afrika Selatan. Jadi tidak benar kalau rupiah kita buruk, ucapnya.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{
{