Loading...
Loading…
Sertijab Wapres, JK Serahkan Memo Jabatan ke Ma’ruf Amin

Sertijab Wapres, JK Serahkan Memo Jabatan ke Ma’ruf Amin

Berita Terkini | inewsid | Senin, 21 Oktober 2019 - 02:08

JAKARTA, iNews.id Wakil Presiden 2014-2019, Jusuf Kalla (JK), hari ini menyerahkan jabatannya kepada Wakil Presiden RI yang baru dilantik, KH Maruf Amin. Acara serah terima jabatan (sertijab) itu berlangsung di Istana Wapres, Jakarta, pagi ini.

Dalam kesempatan itu, JK sempat mengungkit kenangannya pada 2014, saat mulai menjabat wakil presiden untuk kedua kalinya. Lima tahun lalu, di tempat ini, saya menerima memo jabatan dari Pak Boediono. Sekarang saya menyerahkan memo jabatan kepada Bapak (Maruf Amin). Ini pertanda pemerintahan itu berkelanjutan, ujarnya di Jakarta, Senin (21/10/2019).

Dia menuturkan, tugas wapres memang tidak mudah. Sebagai orang nomor dua di republik ini, wapres memiliki kekuasaan lebih terbatas daripada presiden, bahkan menteri. Kekuatan kita (wakil presiden) ini hanya di rapat. Presiden bisa mengeluarkan keppres (keputusan presiden) atau perpres (peraturan presiden). Menteri bisa mengeluarkan kepmen (keputusan menteri). Tapi tidak ada namanya kepwapres, ujar JK yang disambut tawa hadirin.

Sementara Wakil Presiden Maruf Amin mengaku sangat mengapresiasi kerja JK selama ini. Dia mengatakan, sebagai santri, dia diajarkan untuk menghargai orang yang lebih dulu. Tapi Pak JK tidak hanya lebih dulu (menjabat wapres) dari saya, tapi juga menorehkan banyak prestasi, tuturnya.

Maruf mengatakan, meski JK kini sudah tidak menjabat lagi, dia masih membutukan konsultasi kepada mantan ketua umum Partai Golkar itu dalam mengelola negara. Mudah-mudahan saya bisa melanjutkan tongkat-tongkat yang telah beliau tancapkan. Saya ingin mendapatkan bimbingan dan nasihat dari Bapak (JK), kata Maruf.

Original Source

Topik Menarik

{
{