Loading...
Loading…
Pilot Tak Sengaja Aktifkan Alarm Pembajakan, Kepanikan Melanda Bandara Amsterdam

Pilot Tak Sengaja Aktifkan Alarm Pembajakan, Kepanikan Melanda Bandara Amsterdam

Berita Terkini | inewsid | Kamis, 07 November 2019 - 03:02

AMSTERDAM, iNews.id - Kecerobohan pilot maskapai Spanyol, Air Europa, memicu evakuasi di Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda, Rabu (6/11/2019). Pilot secara tak sengaja mengaktifkan alarm pembajakan di pesawat yang akan lepas landas.

Kepolisian bandara dan otoritas antiteror dikerahkan ke lokasi untuk melakukan operasi pengamanan. Pesawat dikelilingi oleh kendaraan polisi dan ambulans.

Namun peristiwa ini tak berlangsung lama setelah pilot bersangkutan meluruskan apa yang sebenarnya terjadi ke pihak bandara.

Maskapai Air Europa dalam pernyataannya menyampaikan pernintaan maaf yang mendalam. Pesawat itu akan lepas landas menuju Madrid.

"Kesalahan alarm. Pada penerbangan Amsterdam-Madrid sore ini alarm diaktifkan karena kesalahan, sebuah peringatan yang memicu protokol prodesur pembajakan di bandara," cuit Air Europa, seperti dilaporkan kembali AFP , Kamis (7/11/2019).

"Tidak ada yang terjadi, semua penumpang selamat dan menunggu untuk penerbangan. Kami menyampaikan permohonan maaf paling dalam."

Gambar-gambar dari lokasi menunjukkan kendaraan polisi dan ambulans mengepung pesawat, berikut dengan petugas bersenjata serta paramedis. Selain itu sebagian bandara ditutup.

Baca Juga :
Pilot Tekan Alarm Pembajakan Pesawat, Bandara Amsterdam Panik

Insiden ini berdampak pada penghentian penerbangan sampai Rabu malam waktu setempat.

Sebelumnya Kepolisian Militer Kerajaan Belanda mengumumkan sedang menyelidiki situasi mencurigakan, namun 1 jam kemudian mengabarkan bahwa penumpang dan kru pesawat aman. Media Belanda melaporkan saat kejadian ada 27 penumpang di pesawat.

Schiphol merupakan salah satu bandara paling sibuk di Eropa, menangani 70 juta penumpang dalam setahun.

Original Source

Topik Menarik