Loading...
Loading…
Para Pemimpin ASEAN Akan Hadiri Pertemuan Khusus dengan Trump di Gedung Putih Maret 2020

Para Pemimpin ASEAN Akan Hadiri Pertemuan Khusus dengan Trump di Gedung Putih Maret 2020

Berita Terkini | inewsid | Selasa, 21 Januari 2020 - 03:54

MANILA, iNews.id - Negara-negara ASEAN menerima usulan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menggelar pertemuan khusus di Gedung Putih, Washington, pada Maret 2020.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr, setelah Trump membatalkan kunjungannya ke KTT ASEAN-AS di Thailand pada tahun lalu karena mengikuti kampanye. Saat itu AS hanya diwakili Penasihat Keamanan Nasional Robert O'Brien.

Menurut Locsin, dia dan sembilan mitranya dari ASEAN mencapai konsesus tersebut saat menggelar pertemuan di Vietnam pada akhir pekan.

"Retret menteri luar negeri ASEAN mengadopsi konsensus untuk mengadakan KTT ASEAN-AS dengan Presiden AS Trump," kata Locsin, dalam cuitannya seperti dikutip dari Philippine Daily Inquirer , Selasa (21/1/2020).

Pernyataan ini disampaikan Locsin, Senin (20/1/2020), setelah Istana Malacanang menyatakan bahwa Trump memperbarui undangan kepada Presiden Rodrigo Duterte untuk datang ke pertemuan khusus di Washington yang juga akan dihadiri sembilan pemimpin negara ASEAN lainnya.

Juru Bicara Kepresidenan Salvador Panelo pada Minggu merilis kopian undangan Trump yang diberikan pada 1 November 2019.

Sejak menjabat presiden, Trump hanya hadir satu kali di KTT ASEAN-AS yakni pada 2017. Namun dia melewatkan pertemuan pada 2018 dan 2019 yang masing-masing digelar di Singapura dan Thailand.

Dalam pertemuan terakhir, sebagian besar pemimpin negara Asia Tenggara tidak hadir saat KTT ASEAN-AS, namun hanya diwakili pejabat menteri.

Original Source

Topik Menarik