Loading...
Loading…
M Taufik Usul Pemilihan Wagub DKI Dilakukan Secara Terbuka

M Taufik Usul Pemilihan Wagub DKI Dilakukan Secara Terbuka

Berita Terkini | inewsid | Selasa, 18 Februari 2020 - 12:09

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik mengungkapkan pemilihan wakil gubernur (wagub) pengganti Sandiaga Uno sudah mulai dibahas para pimpinan parlemen Kebon Sirih. Namun ada hal yang belum diputuskan yakni soal mekanisme pemilihan apakah akan digelar secara terbuka atau tertutup.

"Yang pertama soal ada dialog antara calon dengan anggota. Kedua, terbuka apa tertutup (pemilihannya)," katanya di DPRD DKI, Jakarta, (18/2/2020).

Taufik mengatakan, pemilihan Wagub DKI sebaiknya dipilih secara terbuka dibandingkan dengan tertutup. Politikus Partai Gerindra ini beralasan, jika dilakukan secara terbuka maka orang tersebut bisa bertanggung jawab atas pilihannya karena anggota parlemen Kebon Sirih merupakan wakil dari suara masyarakat Jakarta.

"Kalau saya maunya terbuka. Pertama, kan katanya kita mau transparan kepada publik, ya mesti terbuka juga kepada publik saya milih A, saya milih B. Itu bagian dari bentuk pertanggungjawaban kepada konstituen," tuturnya.

Tak hanya itu, Taufik juga mengatakan jika dilakukan pemilihan secara terbuka maka menutup kemungkinan adanya politik uang masing-masing calon dengan anggota DPRD.

Baca Juga :
Gerindra Ingin Pemilihan Wagub DKI Dilakukan Terbuka, PKS Pilih Tertutup

"Yang kedua, supaya tidak ada su'udzon, kalau tertutup kan bisa ada money politik. Kalau terbuka kan enggak bisa," katanya.

Original Source

Topik Menarik

{