Loading...
Loading…
Peristiwa 11 Februari: Kelahiran Thomas Alva Edison dan Susi Susanti

Peristiwa 11 Februari: Kelahiran Thomas Alva Edison dan Susi Susanti

Berita Terkini | okezone | Selasa, 11 Februari 2020 - 08:57

JAKARTA Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 11 Februari. Beberapa di antaranya masuk catatan sejarah dunia. Sebut saja terjadinya revolusi Islam Iran dan kelahiran Thomas Alva Edison.

Berikut ini ulasan singkat sejumlah persitiwa penting di dunia yang terjadi pada 11 Februari, seperti Okezone ringkas dari Wikipedia.org , Selasa (11/2/2020):

1847 Lahirnya Thomas Alva Edison

Tanggal 11 Februari 1847 menjadi hari penting bagi Thomas Alva Edison. Itu merupakan hari kelahirannya.

Thomas lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat. Ia adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting di dunia. Si Penyihir dari Menlo Park ini merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuannya.

Salah satunya adalah lampu pijar. Pada April 1879, Edison mendapat paten lampu pijar pertama di dunia.

Berkat temuannya ini lampu pijar dapat menghasilkan cahaya yang terang lebih besar dibandingkan sumber cahaya buatan lainnya, seperti lampu pendar dan diode cahaya. Secara bertahap lampu pijar pun diproduksi secara massal di beberapa negara.

Baca Juga :
Asap Hitam Terlihat di Lantai 9 Gedung DPR

1971 Lahirnya Atlet Bulu Tangkis Indonesia Susi Susanti

Lucia Francisca Susi Susanti atau lebih dikenal dengan nama Susi Susanti lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 11 Februari 1971. Ia merupakan salah satu pemain bulu tangkis putri terbaik di Indonesia yang telah mencetak berbagai prestasi dan meraih beragam penghargaan.

Salah satunya adalah ia meraih medali emas bersama suaminya, Alan Budikusuma, di Olimpiade Barcelona 1992. Kemudian medali perunggu di Olimpiade Atlanta 1996 dan meraih penghargaan Hall of Fame dari Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton Wolrd Federation (BFW) pada Mei 2004.

1979 Revolusi Islam Iran

Pada 11 Februari 1979, seorang pemimpin revolusi dan pendiri Republik Islam Iran, Ayatullah Agung Ruhollah Khomeini, merebut kekuasan Iran Monarki di bawah pimpinan Shah Mohammad Reza Pahlavi. Ayatullah saat itu melakukan revolusi Iran Monarki menjadi Republik Islam.

Revolusi Islam Iran ini pun sering disebut sebagai 'revolusi besar ketiga dalam sejarah' setelah Revolusi Prancis dan Revolusi Bolshevik. Hingga saat ini peristiwa tersebut dijadikan Hari Peringatan Revolusi di Iran yakni setiap tanggal 11 Februari.

Baca Juga :
Pastikan Lokasi Veronica Koman, Wakapolda Jatim ke Konjen Australia di Surabaya

1999 Pluto Ditetapkan sebagai Planet Kesembilan

Pada 11 Februari 1999, pluto dinyatakan sebagai planet terjauh kesembilan dari matahari. Sebelumnya sejak 1979, planet dengan orbit tidak beraturan ini merupakan planet terjauh kedelapan dari matahari.

Kendati demikian, seiring berkembangnya teleskop yang lebih canggih, dinyatakan hanya sebagai salah satu dari banyaknya objek langit yang berada di area Kuiper Belt. Pada 2016, pluto pun dikeluarkan dari posisinya sebagai planet.

Original Source

Topik Menarik

{