Loading...
Loading…
Cegah Penyebaran Covid-19, DPR Minta Pemerintah Perketat Penjagaan Pintu Masuk Indonesia

Cegah Penyebaran Covid-19, DPR Minta Pemerintah Perketat Penjagaan Pintu Masuk Indonesia

Berita Terkini | okezone | Selasa, 03 Maret 2020 - 09:14

JAKARTA - Pemerintah telah mengumumkan dua orang warga negara Indonesia (WNI) asal Depok, Jawa Barat positif tertular virus korona atau Covid-19. Keduanya diduga tertular penyakit ini setelah berinteraksi dengan warga asal Jepang yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Anggota Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah dapat memperketat penjagaan pintu masuk ke Indonesia. Mengingat kasus dua WNI positif terkena virus vorona ini tertular karena bertemu dengan orang lain yang sudah positif terindikasi korona.

Pemerintah Indonesia perlu semakin menjaga pintu-pintu masuk Indonesia. Sebab, penyebaran virus ini ternyata dibawa oleh orang asing yang datang ke Indonesia. Karena itu, harus ada upaya ketat untuk menjaga agar tidak ada orang terinfeksi yang masuk ke Indonesia, kata Saleh kepada Okezone di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Politikus Partai Amanat Nasioanal (PAN) itu berujar bahwa negara lain sudah menutup sementara pintu masuk bagi warga negara asing (WNA). Seperti halnya Arab Saudi yang sementara menutup perjalanan ibadah umrah karena virus korona sejak 27 Februari 2020 lalu.

Negara lain juga melakukan penjagaan ketat. Bahkan Arab Saudi pun sudah melarang penduduk negara-negara tertentu untuk umrah. Semestinya, Indonesia juga bisa melakukan hal yang sama, tegas dia.

Selain itu, dia mengaku telah mendapatkan informasi dari media sosial pemeriksaan di bandara Indonesia tidak maksimal. Jika hal tersebut benar, Saleh pun sangat menyayangkan sikap pemerintah yang meremehkan pemeriksaan terhadap para pendatang.

Saya mendapat komplain dari medsos. Katanya, pemeriksaan di bandara tidak maksimal. Alat yang digunakan sangat manual sekali. Tentu ini harus diseriusi pemerintah, tidak boleh dianggap remeh. Komplain seperti itu adalah bagian dari kekhawatiran masyarakat, tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, dua WNI yang terinfeksi virus korona telah diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. Keduanya diduga tertular penyakit ini setelah berinteraksi dengan warga Jepang yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Original Source

Topik Menarik