Saham Setahun Digembok, Begini Respons Waskita Karya di Tengah Ancaman Delisting

Saham Setahun Digembok, Begini Respons Waskita Karya di Tengah Ancaman Delisting

Terkini | sindonews | Jum'at, 10 Mei 2024 - 21:55
share

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) buka suara menanggapi potensi pembatalan pencatatan saham atau delisting di Bursa Efek Indonesia (BEI). Diketahui tepat pada 8 Mei 2024, terhitung setahun penuh saham WSKT tak dapat diperdagangkan alias digembok, menyusul penundaan pembayaran bunga dan pokok obligasi.

Manajemen menyatakan optimis saham berkode WSKT itu mampu dibuka kembali seiring persetujuan usulan restrukturisasi dari seluruh kreditur. Baca Juga:5 BUMN Karya Absen Tebar Dividen, Wamen BUMN: Sedang Penyehatan

“Manajemen Perseroan saat ini berkeyakinan suspensi saham akan dibuka kembali setelah mendapat seluruh persetujuan terkait skema restrukturisasi oleh seluruh kreditur,” kata SVP Corporate Secretary PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Ermy Puspa Yunita, dalam keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia (MPI), Jumat (10/5/2024).

Saat ini Waskita Karya sedang mempercepat review atas Master Restructuring Agreement (MRA) dengan seluruh kreditur baik perbankan maupun pemegang obligasi. Ermy menyatakan, pihaknya berkomitmen melakukan upaya terbaik mengejar sisa setahun terakhir, mengingat 24 bulan suspensi WSKT akan jatuh pada 8 Mei 2025.

Baca Juga: 7 BUMN Karya Dilebur, Ditargetkan Rampung September 2024

Kabar terbaru, perusahaan telah mendapat seluruh persetujuan dari 21 perbankan Himbara maupun swasta dan juga telah mendapat persetujuan restrukturisasi atas 3 seri Obligasi Non Penjaminan terkait usulan skema restrukturisasi Waskita.

Persetujuan atas restrukturisasi Waskita, terang Ermy menjadi hal yang penting bagi pemulihan kondisi keuangan Perseroan, terutama dalam melakukan manajemen arus kas keuangan.

Mengacu pada Peraturan Bursa Efek Indonesia No. I-I, BEI dapat mendelisting saham jika suspensi saham berlangsung sekurang-kurangnya 24 bulan dari waktu pengumuman suspensi.

Upaya perbaikan melalui Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) juga menjadi konsen Waskita, termasuk strategi 8 Stream Penyehatan Keuangan sesuai amanah Pemegang Saham pada RUPSLB 8 Desember 2023 lalu.

“Usulan restrukturisasi yang telah dirumuskan oleh manajemen tentunya adalah opsi yang terbaik dalam proses penyelesaian kewajiban Waskita kepada seluruh kreditur baik perbankan, pemegang obligasi, maupun vendor,” tandas Ermy.

Topik Menarik