Gelar IEMS 2024, BRIN Wujudkan Program Langit Biru

Gelar IEMS 2024, BRIN Wujudkan Program Langit Biru

Nasional | sindonews | Rabu, 1 Mei 2024 - 21:58
share

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan menggelar Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2024 pada Agustus 2024. Pameran terbesar tahunan itu bertujuan membantu pemerintah mewujudkan program langit biru melalui kendaraan listrik.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan, IEMS bertujuan mengakselerasi pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Termasuk menjadi wadah pelaku industri kendaraan listrik dan komponennya untuk terus berkomitmen dalam menyosialisasikan inovasi dan teknologi kendaraan listrik terkini kepada masyarakat Indonesia.

BRIN mengajak seluruh stakeholders, produsen, industri dan perusahaan mendukung kendaraan listrik berbasis baterai (full electric vehicle) untuk berpartisipasi menyukseskan IEMS 2024, ujarnya, Rabu (1/5/2024)

Direktur Promosi PT Murtila Promosindo selaku promotor IEMS 2024 Irwan Rahman mengatakan, IEMS telah menjadi pelopor dalam penyelenggaraan pameran kendaraan listrik ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggaungkan Undang-Undang Kendaraan Listrik.

IEMS adalah pelopor dari pelaksanaan pameran kendaraan listrik. Begitu digaungkannya di UU kendaraan listrik oleh Presiden Jokowi waktu itu, kita langsung menginisiasi pameran kendaraan listrik. Saat itu tujuannya memberikan pengarahan dan edukasi kepada masyarakat pentingnya penggunaan kendaraan listrik guna mewujudkan Net Zero Emission atau program langit biru, kata Irwan.

Selain mempromosikan penjualan kendaraan listrik, IEMS juga memberikan informasi kepada masyarakat mengenai teknologi dalam kendaraan listrik. Kendaraan yang dipamerkan di IEMS diberikan informasi detail agar masyarakat dapat memahami teknologi di dalamnya.

"Ini tidak hanya sebagai pameran, tetapi juga edukasi teknologi yang sesuai dengan riset dan inovasi yang merupakan fokus BRIN," tuturnya.

Tidak hanya itu, IEMS 2024 juga berafiliasi dengan InaRI EXPO. IEMS memiliki keterkaitan dengan pameran InaRI EXPO, sehingga suasana yang berkaitan dengan teknologi akan lebih terasa dalam pameran kendaraan listrik.

Acara InaRI EXPO yang merupakan peringatan Hari Teknologi Nasional juga akan diselenggarakan sebagai bagian dari IEMS 2024 pada Agustus mendatang.

IEMS ini berafiliasi dengan pameran InaRI EXPO, dengan demikian suasana yang berkaitan dengan teknologinya akan lebih tercipta pada pameran EV yang akan dilaksanakan pada IEMS tahun ini, kata Irwan.

InaRI Expo 2024 merupakan forum yang menyoroti dampak transformatif dari kemajuan riset dan inovasi terhadap masyarakat dan perekonomian Indonesia. Berfokus pada tujuh cluster tema riset dan inovasi, yakni ketahanan pangan, kesehatan, ekonomi berbasis pengetahuan, lingkungan yang berkelanjutan, energi, ketahanan sosial, dan keanekaragaman hayati.

Managing Director PT Murtila Promosindo (MP) selaku promotor InaRI Expo 2024 Irwadhi Marzuki menambahkan acara ini merupakan dukungan dari BRIN dan para mitra terhadap inovasi teknologi Indonesia.

Kegiatan ini juga menjadi wadah bagi para periset, inventor, dan inovator, dari berbagai lembaga, termasuk perusahaan BUMN, BUMD, swasta, industri, dan instansi pemerintahan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat luas keunggulan produk inovasi yang telah dihasilkan serta memberikan dampak positif bagi masyarakat dan negara, katanya.

Pameran IEMS 2024 akan dilaksanakan di Exhibition Convention Hall BRIN Cibinong mulai 8-11 Agustus 2024. Acara ini menjanjikan kesempatan untuk mengenal lebih dalam tentang perkembangan teknologi kendaraan listrik dan peran Indonesia dalam mengadopsi Net Zero Emission.

Topik Menarik