Rumah di Taput Tertimbun Tanah Longsor, 1 Balita Tewas

Rumah di Taput Tertimbun Tanah Longsor, 1 Balita Tewas

Terkini | medan.inews.id | Jum'at, 10 Mei 2024 - 18:11
share

TAPUT, iNewsMedan.id - Satu unit rumah tertimbun tanah longsor di Dusun Lumban Jurjur Desa Hutatoruan 3, Keamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), pada Kamis (9/5/2024) sekira pukul 19.30 WIB.

Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Ernis Sitinjak, melalui Kasi Humas, Aiptu W Baringbing, mengatakan satu orang balita berinisial MH (5) menjadi korban dalam peristiwa tersebut.

"Rumah yang tertimpa tanah longsor tersebut adalah milik Ronel Lumbantobing (39), sedangkan korban anak kandungnya," ujar Baringbing.

Dari informasi yang diperoleh, ucap Baringbing, peristiwa tanah longsor itu terjadi pada saat hujan deras. Nahas, posisi rumah korban tepat di bawah tebing gunung.

"Tiba-tiba saksi mendengar ayah korban menjerit dari rumahnya memanggil-manggil nama korban. Lalu saksi berlari ke sumber suara tersebut dan melihat rumah korban bagian tengah sudah tertimpa tanah longsor," ujar Baringbing.

"Saat itu ayah korban dan ibu korban berusaha menggali tanah yang menimpa rumah tersebut. Di mana, korban saat itu sedang bermain sendiri di bagian rumah yang tertimpa," sambung Baringbing.

Baringbing menambahkan bahwa seluruh tetangga berusaha menyelematkan korban dari timbunan tanah. Alhasil, tak sampai satu jam korban pun berhasil ditemukan dan langsung diarikan ke Rumah Sakit di Tarutung. Nahas, nyawa korban tidak terselamatkan.

"Keterangan ibu korban Rohmala Sari Banjar Nahor (35), sebelum kejadian korban sedang bermain sendiri ruang tengah yang tepat tertimbun tanah longsor. Sedang mereka semua duduk bersama, mengingat karena kondisi hujan dan posisi rumah nya bagian samping hanya 1 meter di bawah kaki gunung," terang Baringbing.

Topik Menarik