Wisata Sumenep Ramai Pengunjung, Cak Fauzi: Insyaallah Menjadi Lokomotif Pertumbuhan Ekonomi

Wisata Sumenep Ramai Pengunjung, Cak Fauzi: Insyaallah Menjadi Lokomotif Pertumbuhan Ekonomi

Gaya Hidup | surabaya.inews.id | Kamis, 2 Mei 2024 - 06:40
share

SUMENEP, iNewsSurabaya.id - Kabupaten Sumenep, Jawa Timur memiliki potensi besar untuk mengembangkan pariwisata sebagai lokomotif ekonomi daerah. Hal ini didukung oleh kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Sumenep.

Ada beberapa destinasi wisata unggulan dan baru yang bisa dikunjungi di ujung timur pulau Madura itu antara lain:

1. Pulau Gili Iyang

Pulau Gili Iyang adalah sebuah pulau kecil di Kepulauan Gili, Jawa Timur, Indonesia. Pulau ini terletak di sebelah timur Pulau Madura dan berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, Laut Jawa di sebelah timur dan selatan, serta Selat Gili Raja di sebelah barat. Pulau Gili Iyang merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep.

Pulau Gili Iyang terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami dan asri. Pulau ini memiliki pantai yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, Pulau Gili Iyang juga memiliki beberapa pulau kecil disekitarnya yang dapat dikunjungi dengan perahu.

2. Pulau Gili Labak

Pulau Gili Labak adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Pulau Puteran atau Pulau Madura. Secara administratif, pulau ini terletak di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Gili Labak belum memiliki banyak informasi di internet, termasuk Wikipedia Bahasa Indonesia, meskipun popularitasnya sebagai tujuan wisata sedang meningkat. Beberapa sumber menyebutkan keindahan alamnya yang belum terjamah, dengan pantai berpasir putih, air laut jernih, dan terumbu karang yang cantik.

 

3. Pantai Sembilan

Pantai Sembilan adalah sebuah pantai indah yang terletak di Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang halus, air lautnya yang jernih, Kebun Dadap Timur, Sumenep.

4. Kebun Dadap Timur adalah sebuah desa di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Indonesia. Desa ini terletak di pantai timur Pulau Madura, sekitar 40 kilometer dari ibu kota Kabupaten Sumenep. Kebun Dadap Timur terkenal dengan pantainya yang indah, hutan bakau, dan budaya tradisionalnya.

5. Bukit Tawaf

Bukit Tawaf, juga dikenal sebagai Taman Wisata Alam Pagar Batu, adalah sebuah destinasi wisata alam yang terletak di Desa Pagar Batu, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, perpaduan antara pegunungan kapur yang unik, pemandian air alami yang menyegarkan, dan berbagai wahana wisata yang menarik.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mendorong agar sektor pariwisata menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di wilayahnya. 

Pasalnya, berkembangnya sektor pariwisata itu akan membuat UMKM berkembang baik dan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di wilayah pedesaan.

“Jadi sektor pariwisata ini akan menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi. Dengan kunjungan wisata yang semakin meningkat maka sektor UMKM akan terus bergeliat dan masyarakat akan semakin sejahtera,” kata pria yang akrab disapa Cak Fauzi ini, Rabu (1/5/2024).

Dari data yang dihimpun, jumlah kunjungan wisatawan pada libur lebaran pada tahun 2024 mencapai 60.321. Selain wisatawan lokal, kunjungan wisata itu juga dilakukan oleh wisatawan Asing dari beberapa negara, diantaranya Yaman.

Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep itu mengatakan, dengan meningkatnya kunjungan wisata tersebut, makan pertumbuhan ekonomi di Sumenep pada tahun 2024 diprediksi akan melonjak. 

Sebab, sektor UMKM yang menjadi penopang ekonomi di Sumenep ikut ketiban berkah, sehingga berkembang pesat.

“Kami optimis bahwa peningkatan kunjungan wisata itu akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi, karena sektor UMKM ketiban berkahnya,” pungkasnya. 

Topik Menarik