Isi Tausiyah Tabligh Akbar RCTI, Ustadz Taufiqurrahman Angkat Tema Damai Itu Indah

Isi Tausiyah Tabligh Akbar RCTI, Ustadz Taufiqurrahman Angkat Tema Damai Itu Indah

Gaya Hidup | inews | Selasa, 2 April 2024 - 11:57
share

BOGOR, iNews.id - RCTI menggelar Tabligh Akbar Ramadhan 1445H di halaman Masjid Al-Amaliyah, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jumat (29/3/2024). Dalam kesempatan itu, Ustadz Taufiqurrahman mengisi tausiyah dengan tema Damai Itu Indah. 

"Di kesempatan malam ini saya mendapatkan tema Damai Itu Indah. Jadi ini konsep yang memang sejak 14 abad tahun lalu di dalamnya berbicara toleransi sejak Baginda Rosulullah mengajarkan perihal damai itu indah dimana? Di Quran Surat 49 Juz ke-26 Ayat ke-10 dimana Allah SWT telah abadikan dalam firmannya begitu indah," kata Taufiqurrahman.

"Sungguh orang yang beriman kepada Allah SWT kita adalah bersaudara, dan islah karena apabila satu dengan antar lainnya terjadi perselisihan dengan jalan bertaubat kepada Allah SWT," tuturnya. 

Masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Marauke merupakan heterogen. Islam, kata ustadz, mengajarkan kepada manusia untuk hidup dalam toleransi.

"Kalau bahasa saya sederhana aqidah boleh berbeda, tapi persaudaraan harus terus terjaga," tuturnya.

Dia pun mencontohkan hak bertetangga lebih banyak dibangkan dengan hak sesama muslim.  "Islam mengajarkan dari Baginda Rosulullah, makanya beda hak antara sesama muslim dengan hak sesama tetangga. Sesama muslim ada 6, tapi hak sesama tetangga ada 8 jadi jauh lebih banyak. Contoh, kalau kamu mengetahui tetanggamu sakit maka Islam mengajarkan jenguklah dia, jadi gak liat KTP-nya. Kalau ada tetanggamu meninggal dunia gimana Islam? Harus tanya dulu? Ini hak bertetangga jadi kewajiban kita untuk memberikan apa takziah kepadanya," katanya. 

Uztaz Taufiqurrahman juga berbicara terkait menjaga perdaudaraan meskipun perbedaan pilihan dalam Pemilu 2024. Sebagai umat Muslim, harus dapat menghormati perbedaan pilihan baik di lingkup terdekat yakni keluarga ataupun lingkungan.

"Ini kan 5 tahun sekali makanya dinamakan pesta demokrasi. Kita betul-betul harus menghormati yang namanya hak pilih, jangankan sama tetangga tapi juga dalam lingkup keluarga," katanya

"Kita diajarkan untuk menghormati walaupun beda pilihan biarpun anak sendiri, Biar pilihan berbeda ketika kita ke depankan persaudaraan turun kebarokahan, rahmatnya Allah SWT. Oleh karenanya buat saudara-saudara udah kita Indonesia, untuk mendapat kesuksesan pilihan kita boleh berbeda tapi persaudaraan harus tetap terjaga," tutupnya.

Topik Menarik