Anak Buah Sri Mulyani Bicara soal Bea Cukai: Masih Banyak Kebijakan yang Perlu Disempurnakan

Anak Buah Sri Mulyani Bicara soal Bea Cukai: Masih Banyak Kebijakan yang Perlu Disempurnakan

Ekonomi | inews | Minggu, 28 April 2024 - 19:19
share

JAKARTA, iNews.id - Layanan Bea Cukai belakangan menuai banyak kritik setelah viral kasus pembelian sepatu yang dikenakan pajak Rp31 juta hingga alat belajar SLB. Saking hebohnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani sampai harus turun tangan.

Staf Khusus Menkeu, Yustinus Prastowo juga buka suara menanggapi layanan Bea Cukai yang tengah jadi sorotan tersebut. Ia mengucapkan terimakasih kepada masyarakat atas kritis dan masukan yang diberikan.

"Terima kasih kami haturkan untuk banyak masukan dan kritik yang disampaikan untuk perbaikan layanan pemerintah, khususnya bidang kepabeanan," tulisnya dalam sebuah cuitan di media sosial X, Minggu (28/4/2024).

Yustinus menyampaikan bahwa atasannya, Sri Mulyani juga telah memberikan arahan yang tegas dan konkret untuk menanggapi kehebohan yang terjadi. Ia pun mengungkap akan ada rapat lanjutan yang membahas kasus pembelian sepatu yang viral itu.

"Bu Sri Mulyani tadi malam memberi arahan yang tegas dan konkret. Usai dinas LN, beliau akan segera memimpin Rapim. Pimpinan DJBC diberi tugas memikirkan terobosan2 dalam jangka pendek ini," katanya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa memang masih terdapat kebijakan yang perlu disempurnakan, yang terus dikoordinasikan dengan instansi terkait di lapangan. Menurutnya, perbailan akan terus diupayakan guna memberikan pelayanan yang maksimal.

"Kami menyadari masih terdapat kebijakan yang perlu disempurnakan. Ini akan terus dikoordinasikan dengan instansi terkait. Di lapangan juga tak dimungkiri kadang terjadi dinamika. Hal yang terus diupayakan utk dilakukan perbaikan," ujar Yustinus.

"Kami juga berkomitmen untuk terus menyosialisasikan kebijakan, menyempurnakan prosedur, dan mengajak para pemangku kepentingan untuk bersama-sama memperkuat layanan publik," kata dia.

Yustinus menambahkan bahwa semua para pembayar pajak sangat layak mendapat hormat dan sudah sepantasnya seluruh kerja keras dipersembahkan.

"Saya percaya kita bisa lebih baik lagi," tandasnya.

Topik Menarik