OPM Berulah di Belakang Koramil Moanemani, Bakar Honai Tempat Anak-Anak Sekolah

OPM Berulah di Belakang Koramil Moanemani, Bakar Honai Tempat Anak-Anak Sekolah

Berita Utama | inews | Selasa, 30 April 2024 - 19:11
share

JAYAPURA, iNews.id - Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau dikenal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah. Mereka membakar honai yang biasa dijadikan tempat anak-anak sekolah.

Tempat Kejadian Perkara (TKP) tersebut di belakang Koramil 1705-4/Moanemani, Minggu (28/4/2024). Tepatnya di Kampung Ikebo, Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah.

"Itulah OPM yang tidak memikirkan masa depan anak-anak Papua. Sudah tahu honai digunakan sebagai tempat penampungan anak-anak untuk bersekolah, namun OPM bakar juga. Ini sudah keterlaluan," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan dalam keterangannya, Selasa (30/4/2024).

Menurutnya, pembakaran honai oleh OPM itu memicu terjadinya konflik perang suku, antara Moni dengan Mee di Kabupaten Nabire. Dia berharap masyarakat tetap tenang dan hidup damai serta tidak terpengaruh oleh OPM.

Mirisnya, kata dia usai berulah OPM menyebarkan berita bohong atau hoaks yang menuduh pelaku merupakan personel TNI. Hoaks itu, lanjut dia disebarkan OPM dalam bentuk video di media sosial.

"Sudah bisa dipastikan bukan TNI, justru prajurit TNI menjadi guru dan orang tua dari anak-anak tersebut. Bahkan TNI berkomitmen mencerdaskan anak-anak di wilayah Papua dengan berbagai program," ucapnya.

Topik Menarik